Peringatan Nuzulul Qur’an 1445

Sangkuriang-Bandung. Dispsiad menyelenggrakan Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H di Gedung Upala Pratama Madispsiad. Kamis (28/3/024).

Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Heny Setyono, S.Psi., M.Si. dalam sambutannya menyapaikan bahwa malam Nuzulul Qur’an, adalah malam turunnya pedoman dan tuntunan umat manusia, yaitu Al-Qu’an, kita diingatkan untuk semakin bersemangat dalam bertadarus, semakin khusyuk melaksanakan tahajud, semakin lama i’tikaf di masjid, dan semakin mempertebal kesalehan sosial kita. sebab Al-Qur’an diturunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW agar menjadi rahmat bagi semua umat manusia, agar menjadi sumber segala ilmu pengetahuan, agar membimbing kita semuanya menjadi manusia yang lebih baik.

Acara peringatan Nuzulul Qur’an ini juga merupakan sarana untuk meningkatkan keimanan dalam diri serta ajang untuk mempererat tali persaudaraan baik sesama umat Islam maupun umat beragama lainnya. Karena sesungguhnya setiap insan yang memiliki agama akan diajarkan tentang kasih sayang tanpa melihat perbedaan.

Semoga dengan diadakannya peringatan Nuzulul Qur’an ini dapat memberikan motivasi kepada kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. perjalanan setiap individu di dunia ini tidak dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita, namun kita selalu diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih positif.

Kadispsiad mengajak agar pada bulan suci Ramadhan ini, untuk saling mempererat tali silaturahmi dan mengoptimalkan kegiatan ibadah, dalam rangka meningkatkan kesalehan pribadi dan sosial melalui sholat taraweh, memperbanyak infaq dan shodaqoh, serta membaca dan memahami isi kandungan Al-Qur’an.

Acara peringatan Nuzulul Qur'an diisi ceramah oleh Kapten laut Cucu Nurparid S.Sos,i yang menyampaikan bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan yang berbeda dengan bulan-bulan yang lain, karena pada bulan Ramadhan memiliki keistimewaan salah satunya adalah Allah SWT menurunkan mukjizat berupa Al-Qur'an yang menjadi pedoman hidup umat Islam.

Disela-sela kegeiatan Kadispsad memberikan reward kepada personel yang telah Khatam Alqur'an selama bulan Ramadhan dan pemberian santunan kepada anak yatim.